Download RPP Silabus Gratis

Download RPP, Silabus SD, SMP, SMA Terlengkap dan GRATIS!

Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VIII Semester I

Written by Mas Kuncoro on 08.19


Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VIII Semester I - SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ...............................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII (Delapan) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami wacana  lisan berbentuk laporan
Kompetensi 
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
 Instrumen Contoh
Instrumen
1.1.Meng­­­ana­lisis laporan

Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VII Semester II

Written by Mas Kuncoro on 08.09

Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VII Semester II - SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : .........................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester : VII (Tujuh) /2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9. Memahami wacana lisan dalam  kegiatan wawancara
Kompetensi 
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
 Instrumen Contoh
Instrumen
9.1 Menyimpul­kan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang to­koh/narasum-ber yang di­sam­paikan da­lam wa­wan­cara

Penyimpulan pikiran, penda­pat, dan gagas­an dalam wa­wan­cara o Mendengarkan wawancara narasumber atau rekaman wawancara
· Mendata pikiran, penda­pat, dan gagasan  yang dikemu­kakan narasumber

Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VII Semester I

Written by Mas Kuncoro on 07.56

Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VII Semester I - SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah : ...................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan berita
Kompetensi 
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Penilaian Bentuk
 Instrumen Contoh
Instrumen
1. 1 Menyimpul­kan  isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat
Penyimpulan berita o Mendengarkan isi/sari berita yang dibacakan
o Menuliskan isi/sari berita yang dibacakan
o Mendiskusikan isi berita yang ditulis
o Memberikan tanggapan terhadap isi berita lewat diskusi
o Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea. · Mampu menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan
· Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea
Tes tulis
Uraian   · Tulislah minimal lima isi/sari berita dari sepuluh isi/sari berita yang dibacakan!
· Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea! 2 X 40’ Teks berita dari media massa maupun elektronik
Isi/sari berita

Download Silabus Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Semester I Selengkapnya Disini.
(Berbagi itu indah. Link download akan terlihat setelah anda men-share postingan ini via Facebook)

RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas IX Semester II

Written by Mas Kuncoro on 19.50

RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas IX Semester II - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 9.  Memahami isi pidato / ceramah / khotbah
Kompetensi Dasar : 9.1. Menyimpulkan pesan pidato/ ceramah/ khotbah
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah.

v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi  Pembelajaran
a. Penyimpulan pidato/ceramah/khotbah.

3. Metode Pembelajaran
a. Pemodelan
b. Inkuiri

RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas IX Semester I

Written by Mas Kuncoro on 19.42

RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas IX Semester IRENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah :..............................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 1.    Memahami dialog interaktif pada tayangan televise / siaran radio
Kompetensi Dasar : 1.1.Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan  televis / siaran radio.
Alokasi waktu : 2 / 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat membuat kesimpulan isi dialog interaktif beberapa narasumber

v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi Pembelajaran
a. Mendengarkan dialog interaktif
b. Membuat kesimpulan isi dialog interaktif

RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VIII Semester II

Written by Mas Kuncoro on 19.28

RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VIII Semester II - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : .............................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/2
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 9.  Memahami isi berita dari radio/televisi
Kompetensi Dasar : 9.1.Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana,
kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan/
atau ditonton melalui radio/televisi

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
• menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan
bagaimana) yang didengar dan/atau ditonton melalui radio/televisi;

v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
II. Materi Ajar
Cara menemukan pokok-pokok berita dan implementasinya

RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VIII Semester I

Written by Mas Kuncoro on 19.22

RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VIII Semester I RENCANA PELAKSANAANAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah     : ..............................        
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan
Kompetensi Dasar : 1.1. Menganalisis laporan
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan ( 4 x 40 menit )

1. Tujuan Pembelajaran
- Pertemuan Pertama:
Peserta didik dapat menganalisis laporan
- Pertemuan Kedua:
§ Peserta didik dapat menyimpulkan pokok-pokok laporan
§ Peserta didik dapat mengenali laporan.

v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VII Semester II

Written by Mas Kuncoro on 08.25

RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VII Semester II - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
(RPP)

Nama Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/2
Standar Kompetensi : Aspek Mendengarkan
 9. Mampu memahami wacana lisan melalui kegiatan   wawancara.
Kompetensi Dasar :
9.1 Mampu menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara.
Alokasi Waktu                : 4 x 40 menit (2 kali pertemuan)

A.  Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama KD Nomor 9.1
1. Peserta didik dapat menyebutkan pikiran, pendapat, gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara.
2. Peserta didik dapat menyimpulkan pikiran, pendapat, gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara.
3. Peserta didik dapat menuliskan inormasi yang diperoleh dari wawancara yang didengarkan ke dalam beberapa kalimat.

RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VII Semester I

Written by Mas Kuncoro on 08.19

RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas VII Semester IRENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah : ....................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi   : Mendengarkan
1. ( memahami   wacana lisan melalui kegiatan  mendengarkan -berita)    
Kopetensi dasar : 1.1.Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
Alokasi waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan Secara Tekun (diligence)
2. Peserta didik dapat menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
3. Peserta didik dapat menyimpulkan isi berita dalam satu alinea

Dapatkan Update RPP Silabus Terbaru dengan Klik LIKE dibawah

Powered By | Blog Gadgets Via Blogger Widgets

Advertising